Sabtu, 16 Desember 2017

Kekuatan Hitam Dalam Desain

Kekuatan Hitam Dalam Desain

Banyak elemen dan trik yang dapat dimanfaatkan untuk mendekorasi dan mempercantik rumah. Cara untuk mendesainnya bisa dipengaruhi selera pribadi dan ciri khas masing-masing, bisa juga sambil tetap mempertahankan tradisi dan cara-cara lama. Nah, artikel ini akan menunjukkan keindahan pemanfaatan kekuatan hitam dalam desain, baik untuk menonjolkan atau pun menyatukan objek dalam ruang.



Rumah bergaya Jepang modern dengan eksterior didominasi dinding hitam yang sukses menonjolkan keindahan pencahayaan , kekokohan, dan kilau hitam yang elegan (sumber : lamsaah.com)
1. Menonjolkan gambar / lukisan

Seorang pencinta antariksa pastilah senang dan nyaman berada di ruang dengan dinding warna hitam sebagai ‘focal point’, apalagi jika dinding hitam itu berlukiskan bulan atau benda langit lainnya. Dijamin sensasi kehidupan luar angkasa akan tercipta dan angan-angan membubung setinggi langit.



Kamar tidur dengan dinding hitam berlukiskan bulan sebagai focal point pada kepala ranjang (sumber home-designing.com)
2. Pertunjukkan cahaya

Polusi dari cahaya lampu bangunan menyebabkan keindahan langit terhalangi, terutama bagi masyarakat perkotaan. Padahal, saat langit semakin gelap, keindahan tatanan bintang semakin terlihat. Konsep ini dimanfaatkan untuk menunjukkan keindahan cahaya di dalam desain. Keindahan pencahayaan akan semakin baik pada ruang dengan latar gelap.



Keindahan cahaya pada dinding berwarna coklat kehitaman di taman depan Bangka House karya Adria Yurike Architect

Dapur yang biasanya putih bersih juga tampak berkilau dengan dominasi warna hitam polos yang juga memperlihatkan keindahan pencahayaan.



Dapur minimalis dengan langit-langit dan meja makan hitam (sumber : home-designing.com)
3. Dominasi dan kejelasan bidang

Pintu kayu berwarna coklat gelap pada dinding sebagian dari batu alam berwarna hitam mendominasi bidang area masuk, menonjolkan dan memfokuskan keberadaannya sebagai jalur masuk utama.



Pintu kayu ukir dengan gapura batu alam pada Villa Indah Manis di Bali karya Agung Budhi Raharsa



Dinding hitam pada kepala ranjang menjadi focal point yang menunjukkan kejelasan bidang sebagai bagian utama dari kamar tidur (sumber : home-designing.com)
4. Ramah dengan bahan kain

Kain penutup furniture tidak harus berwarna gelap agar lebih menonjol dalam ruang. Berpikirlah sebaliknya, manfaatkan warna latar belakang gelap untuk menunjukkan keindahan furniture sebagai tokoh utama dalam ruang.



Dinding hitam sebagai latar belakang yang mendukung keindahan sofa berwarna beige karya Jenni Kayne (sumber : thebusygirlblog.com)
5. Memberi kesan hangat dan melindungi.

Bagi sebagian orang pemanfaatan warna hitam dalam skala besar mungkin akan terlihat kurang intuitif. Namun, dinding gelap ternyata bermanfaat memberi kesan hangat dan melindungi ruang. Selain itu, warna gelap juga menonjolkan keberadaan elemen ruang lainnya.



Ruang keluarga dengan langit-langit hitam pada Urban Pop House karya Vindo Architect
6. Mengubah perspektif.

Siapa bilang hitam berarti gelap, kusam, sempit, atau terkungkung. Pemanfaatan warna hitam glossy mampu menampilkan kesan berkilau, luas, dan elegan. Perpaduan ‘Si Hitam’ dengan cermin dan pencahayaan yang tepat akan membuat ruang semakin berkesan.



Kamar mandi minimalisTaman Ratu House dengan warna hitam putih karya Design Intervention



Dinding hitam pada kamar mandi S + I House karya DP + HS Architects memperkuat kesan bersih dari kloset dan wastafel yang putih
7. Meminimalisasi kolom

Sifat warna hitam yang berkesan sempit malah menjadi keuntungan karena dapat dimanfaatkan untuk mengubah visualisasi ukuran kolom yang besar menjadi lebih kecil. Kesan kokoh yang harus ada pada sebuah kolom juga semakin dipertajam dengan warna hitam.



Kolom hitam berpadu indah dengan warna lainnya menampilkan kekokohan dan keindahan ekspos struktur, permainan garis vertikal dan horizontal, serta memperkuat karakter warna biru dan putih pada sofa di ruang bergaya Bali (sumber : Cheap Wedding Ideas)

8. Sebagai kamuflase

Ada beberapa furnitur dan perangkat elektronik yang perlu dikamuflase agar bisa menyatu dan seolah-olah menjadi bagian dari elemen arsitektur. Dinding hitam dapat menjadi latar yang baik untuk mengkamuflase perangkat ini.



TV dan perangkat elektronik lainnya menyatu dengan dinding hitam pada latarnya (sumber : houzz.com)
9. Eksterior dengan warna gelap

Tidak hanya indah untuk interior, warna gelap juga mampu menonjolkan keindahan karakternya pada eksterior bangunan. Kejelasan bentuk dan sifat masif yang menonjolkan kekokohan memberi kesan kuat dan elegan pada ekterior.



Warna gelap yang mendominasi eksterior S + I House karya DP + HS Architects memperjelas fungsi rumah sebagai tempat keluarga berlindung
10. Menambah kesan terbuka pada taman

Jauh dari kesan mengungkung ruang, warna hitam pada pagar justru memberi kesan tidak terbatas pada taman. Batasan seperti menghilang, membuat taman terasa lebih terbuka dan lebih lega.



Warna hitam sebagai salah satu warna alami menciptakan kesan ruang luar yang tak terbatas (sumber : federaltwist.com)



Pagar hitam memperkuat warna hijau dan warna bunga pada taman di depan rumah (sumber : pinterest.com)
11. Mempercantik ekspos struktur

Tak bisa dipungkiri lagi, warna hitam sangat erat dengan karakter kokoh. Jadi, untuk menampilkan keindahan struktur yang diekspos, selain membiarkan kealamian warna bahan, warna hitam juga sangat baik untuk digunakan.



Ekspos struktur yang diperkuat warna hitam pada Ken House karya NOGAMI (sumber : archdaily.com)

Warna hitam atau pun warna gelap lainnya memiliki karakter positif yang bisa dimanfaatkan untuk menampilkan dan memperkuat keindahan arsitektur. Jangan takut bereksperimen dengan warna hitam. Berimajinasilah dan berkreasilah dengan kekuatan hitam dalam desain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaya Rumah Nautical atau Coastal

Gaya Rumah Nautical atau Coastal Suasana nautical atau yang disebut juga sebagai coastal mengingatkan kita kepada pemandangan tepi pantai ...