Sabtu, 16 Desember 2017

Tips Cerdas Menciptakan Kamar Anak untuk Jangka Panjang

Tips Cerdas Menciptakan Kamar Anak untuk Jangka Panjang


Menciptakan kamar anak untuk jangka panjang berarti mengubah kamar bayi Anda menjadi kamar anak-anak yang akan bertahan lama sepanjang masa-masa praremaja.

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan setelah anak Anda beranjak remaja. Apabila salah menata ulang, ruangan bisa terasa tidak nyaman dan cenderung kekanak-kanakan. Jika dikerjakan dengan benar, kamar anak secara positif dapat mencerminkan kepribadian dan minat anak Anda dan membuat masa kecil mereka menjadi mengesankan. Berikut ini adalah tren desain praktis yang akan membantu Anda membuat pilihan yang tepat dalam menata ulang kamar anak Anda.



Kamar tidur anak penuh warna (Sumber: home-designing.com)
1. Ganti warna, namun tetap tawarkan pilihan

Strategi yang ideal adalah mengontrol penggantian warna, namun tetap membiarkan anak Anda memilih warna favorit mereka. Cat dan kertas dinding dapat membantu Anda menciptakan ruang yang sempurna. Namun, Anda juga bisa menggunakan alternatif lain, seperti memilih karpet bermotif penuh warna, menggantung hiasan dari kain pada dinding, atau memasang poster atau gambar. Anda juga bisa memilih stiker dinding yang membuat dinding kamar tidur anak menjadi lebih menarik. Stiker ini mudah dilepas sehingga kapan saja Anda bisa menggantinya dengan motif lain.



Ide kamar tidur anak dan remaja penuh warna (Sumber: home-designing.com)
2. Hindari menonjolkan tema pada usia spesifik

Kamar tidur bertema spesifik seperti tempat tidur ala kapal bajak laut atau mobil balap, tema ruang luar angkasa atau motif cerita dongeng peri dan putri yang fantastis adalah ide lama bagi remaja. Cobalah memunculkan ide dengan desain kamar yang sesuai minat, pikiran, dan hobi anak, tetapi tetap layak dipakai ketika anak tumbuh besar. Dekorasi dinding bergambar tema tertentu bukan ide yang bagus karena suasana hati anak cenderung berubah-ubah. Anda tetap bisa memasukkan unsur tema tersebut, namun jangan terlalu berlebihan.



Desain kamar tidur anak penuh gaya (Sumber: home-designing.com)

Salah satu kunci yang perlu diperhatikan adalah dengan membuat pilihan desain yang lebih matang pada kamar anak Anda. Anda tetap dapat menempatkan beberapa furnitur untuk anak kecil, tetapi melalui fungsi dan kesederhanaannya akan dapat bertransisi hingga anak Anda menginjak usia remaja.



Kamar tidur anak alternatif (Sumber: home-designing.com)
3. Menyulap kamar tidur menjadi ruang yang interaktif

Jika memungkinkan, cobalah untuk menyertakan furnitur dan aksesoris kamar yang melibatkan anak-anak dalam sebuah kegiatan. Pilihlah sebuah sudut ruang dan ubahlah menjadi ruang untuk melatih hobi anak dan beberapa aktivitas lain.



Ide furnitur ruang belajar anak (Sumber: michaelkorssaleto2013.com)
4. Pisahkan zona ruang belajar di tempat lain

Memindahkan meja ke luar kamar menjadikan kamar tidur lebih lapang, terutama apabila anak-anak Anda harus berbagi kamar bersama. Anak lebih besar yang perlu belajar lebih lama tidak akan mengganggu adiknya.



Desain ruang belajar anak di ruang keluarga (Sumber: photos.hgtv.com)

Anda bisa menggunakan loteng, gang, dan sudut-sudut ruang keluarga serta mengubahnya menjadi ruang belajar anak dengan segala perlengkapannya.



Desain kamar tidur anak penuh gaya (Sumber: home-designing.com)
5. Tambahkan ruang penyimpanan

Anda bisa memilih furnitur serbaguna yang biasanya berupa komponen geser seperti laci penyimpanan atau meja. Karena berfokus pada efisiensi ruang, jenis furnitur ini paling cocok untuk rumah kontemporer dan rumah perkotaan yang biasanya memiliki ruang terbatas. Furnitur serbaguna bisa berupa headboard, meja, pencahayaan, lemari, rak dan tempat tidur. Pisahkan masing-masing ruang penyimpanan sepatu, topi, tas, dan pakaian. Sebaiknya tidak mencampur aduk semua barang untuk menghindari kekacauan di kamar tidur anak Anda.



Ide tempat tidur beroda untuk kamar anak hemat ruang (Sumber: yuyek.com)

Tempat tidur beroda sangat efisien karena dapat menghemat ruang. Namun, karena tempat tidur tersebut menghabiskan semua ruang di bawah tempat tidur, Anda harus memindahkan ruang penyimpanan ke tempat lain.



Penataan kamar tidur anak laki-laki warna hitam (Sumber: bibaba.net)
6. Menempatkan karpet secara cermat

Untuk iklim tropis seperti di negara kita, penggunaan lantai karpet tidak akan cocok. Gunakan karpet dalam ukuran kecil, terutama jika Anda bisa memadukannya senada dengan warna kamar.



Ide kamar tidur anak penuh warna (Sumber: home-designing.com)
7. Manfaatkan dinding secara maksimal

Sama halnya dengan menggunakan furnitur multifungsi, Anda bisa memanfaatkan bagian dinding tertentu menjadi ruang penyimpanan yang dapat menolong anak Anda menata dan mencari buku-buku dan mainan mereka.



Ide dekorasi dinding di atas sofa (Sumber: diynetwork.com)

Pertimbangkan juga untuk menggunakan ruang dinding sebagai area bermain interaktif, seperti papan tempel catur, Lego, monopoli, dan lainnya yang dapat dilepas.



Solusi penyimpanan kamar anak (Sumber: hgtv.com)

Anda bisa memasang gantungan pada dinding dan menempatkan kantung-kantung dari kain kanvas untuk menyimpan aneka pernak-pernik. Anak Anda bisa menyimpan barang mereka dengan mudah dan dapat dijangkau.



Desain kamar anak dengan hiasan dinding (Sumber: homeozoic.com)

Kamar tidur adalah tempat yang lebih aman untuk menggantung karya seni anak Anda yang berharga.



Ide kamar remaja yang ceria dan menarik (Sumber: livinator.com)
8. Sedikit sentuhan jenaka

Kamar tidur ini dirancang untuk remaja, tambahkan sedikit humor, yang akan mendorong pertumbuhan kreatif, fisik dan spiritual pada anak. Jadi, pastikan untuk menyertakan sesuatu yang tidak terduga atau tanpa direncanakan, bahkan mungkin dari masa kecil Anda sendiri. Anda bisa menambahkan lampu gantung antik yang menambah imajinasi dan menjadi perlengkapan yang mengesankan di setiap kamar anak.



Ide kamar tidur anak laki-laki (Sumber: spelonca.com)
9. Ubah menjadi area pribadi

Dengan menambahkan foto-foto keluarga, kenangan pribadi, sertifikat, tiket konser, catatan khusus, penghargaan, dan sebagainya pada dinding kamar anak, Anda bisa menonjolkan kepribadian anak Anda sehingga kamar ini menjadi lebih bersifat pribadi.



Ide kamar tidur anak yang unik (Sumber: manual19.biz)
10. Jangan lupakan pencahayaan

Pastikan Anda memilih lampu dengan teknik pencahayaan yang bagus. Tempatkan lampu tidur yang redup. Anda juga bisa memilih lentera, lampu hias, atau lampu lain dengan berbagai macam bentuk, ukuran, dan warna sehingga membuat kamar anak Anda lebih semarak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gaya Rumah Nautical atau Coastal

Gaya Rumah Nautical atau Coastal Suasana nautical atau yang disebut juga sebagai coastal mengingatkan kita kepada pemandangan tepi pantai ...